Tuesday, November 30, 2010

Ambil Darah Nyooo~

okee..
diawali dng detik2 awal memulai hari inih pada sekitar jam 12, gue melupakan fakta bahwa gue harus k kampus buat ambil darahh..
greatt..
baru tidur n bangun ksiangan..

ehemm.
biasa kn PBL 1 selalu pertama, tapi hari ini tidak sodara sodara!!!
masak kita udah bediri, malah dibilang "duduk dulu yah~"
ampe udah mau kelar..
meenn, gue PBL 1.. gue dulu dongg.. capek dehh..
y gpp sih, nunggu djemput jg lama.. wkwk..

oke akan gue mulai nihh saat gue masuk ruang dept biologi dmana tempat pnghisapan darah itu terjadii..
masuk, gue duluan nih..
ngeliat yg lagi diambil darahny..
koq tumben2an tangan gue ikutan sakit.. ngilu gt..
oke lahh, normal kayakny..
gue d data, suruh cek nama..
trus giliran guee..

biasa, suru ngepelin tangan, ada s kaen penjepit d lengan atas ituh, trus petugasny informed consent gt kalo mereka pake jarum baru..
udah dipasang alatny (darahny langsung masuk tabung gt deh)..
tarik napas dan haahhh!!!
oke jarum masukk..
ga berasa sih.. ga sesakit yg byasa gue ambil darah..
tapiii.
oh tapiii..
koq pas tengah2 tangan gue berasa dikit baal n kesemutan yah?
ap sugesti karena gue ngeliatin tuh darah gue netes2 ngucur k tabung?
kayakny ngga ahh..

oke udah cukup..
dngan keterampilan yg okee s mbak2 petugas misahin jarum botol dan alat trus melesterin guee..
n tadaaaa.. kelarr dehh...
others :
- deiby : pas udahan, eh darah dya ngucur lagi, ngerembes gt,. pertama mau didiemin dulu karena keliatan berenti tuh, eh ga lama makin ngerembes, langsung deh kita : "MBAAAA~ ini gimanaaa??~~"
- cia : s cia tuh takut2 gmna gt, ampe ga berani liat.. trus senyum2 gmna gt.. lucu deh.. mana digodainn ma s deboii.. wkwk..

oke okee..
keluarlah kita dari ruang biologi ituh..
smpet nongkrong bntar d winklar..
trus akhirny mnuju kantin rumduk..
nah, dari winklar ampe gue d rumduk deh, tangan gue berasa nyut2 dikit gt rasany.. sakit2 tapi ga jg.. gmnalah gtuu.. *gue tau ini abstraakk =="*
nah nah, tapi karena plester gue aman dari bercak darah yah gue pikir aman2 aja dong..
sampai akhirnya gue sampe mobil,
n gue penasaran bagaimanakan nasib dan keadaan lengan kiriku inih, maka gue bukalah tuh plester..
taunyaaa ENG ING ENGG~~~

beuhhh..
ad yg biru n bengkak cuyyy..
sekali kalinya gue ambil darah ampe begini..
kagak pernah nih guee..
*MBAKK tanggung jawab inihh, masak tangan saia jadi beginih hah haaahhhh???*
oke trus gw pegang2 gtu dong *namanya penasaran*
bagian yg biru tuh kenceng2 gmna gt..
tapi ga berani pegang bnyak2, sakit2 gtu sih.. haha..

inih sampe gue poto..
okee nih poto pas gue d mobil stelah gue buka plester n pas drumah setelah dkompres es kira2 selama bbrpa mnit ga nyampe..
*males gue megangin kassa dng es nya* muhahaha..


okee terlihat lebih manusiawi daripada yg ad d hapee..
macem korban kecelakaan gue kalo d poto d hape.. haha..
oiaaa, bagian yg bengkak ituh adalah bagian yg gue berasa nyeri sebelom darah gue diambil..
apakah ini pertanda tangan gue sudah menyadari nasibnya??
maap kan aku dear lengan, salahkan mbak nyeehh.. muhahaha..
ga lah mba becanda, mbakny bae koq.. murah senyum lagi.. XP

oiaa, for infooo::
kalo ad hematom #eaaaa ato ruptur pembuluh darah gtuu #eaaaa..
bahasa kita nye mah memar getoo..
kerenan dikit pendarahan *macem ibu ibu mau lahiran*
langkah paling awal adalah kompres dng air dingin yahh..
jgn dng air hangat !!!
kadang2 orang pada rancuu..
padahal intinya adalah logika yg simple..
kan pendarahan.. maka dari itu harus ad pembekuan darah biar darahny ga keluar terus *ntar kering dong??*..
namany juga bekuu, maka harus pake air dingin dng dtaro d botol gtu, ato es batu aja dilapis anduk tipis gt..
jgn anduk tebel yah, ga ngaruhh, kagak berasa dinginnyee..

nahh setelah minimal 3-4 hari, ato setidakny seminggu, kalo memarnya belom ilang, barulah kita kompres aer anget..
tujuanny supaya darah yg tadi uda beku cair lagi n bisa diproses untuk dirombak atopun dbuang *suka2 tubuh ente*.. haha..
kompres air hangat inih amat sangat tidak disarankan untuk penanganan awal memar, karena akan menyulitkan proses pembekuan darah.. boro2 beku kalo anget begitu, yg ada malah makin parah n meluas..

simple kann??
oke selamat mencobaa~
*gebukin yg lagi baca biar bisa nyoba*
XD
babaiii~

No comments:

Post a Comment