Saturday, December 26, 2015

26.12.2015

Wooww, ternyata post terakhir gue agustus 2014. It's been ages, literally, hahahaha. Pertama gue uda lupa sih kalo gue punya blog, so yeah, gue ... lupa. After a while, setelah gue mendekam di rumah, akhirnya gue buka - buka tumblr gue lagi dan gue nulis - nulis disana (well, writing makes me feel better) yah gue semacam teringat kalo gue punya blog dan apa salahnya gue buka lagi dan nulis lagi di sini. Even though sama kayak di post gue terakhir, blog mungkin uda ga hit kayak dulu, sekarang jamannya orang - orang pake vlog! Tapi this is the way I try to make myself feel better. So, gue nulis lagi. 

Lots of things happened and changed. Hari ini adalah 7 harinya pemakaman bokap gue. Well, kalo diceritain lagi satu - satu mungkin gue bakal keinget dan nangis lagi. But, long story short, tanggal 13 kemaren di saat kita mau jalan - jalan buat beli baju xin jia dan ngerayain ultah bokap (which was just 5 days before) tiba - tiba bokap kena serangan (which I still feel strange about it, until now). Gue ngeliat nyokap keluar kamar tiba - tiba nangis dan gue liat kondisi bokap yang uda keliatan banget hemiparesis. Gue panik, jujur. Gue langsung telpon ambulans, gue cek kondisi bokap sebisa gue. Akhirnya bokap dibawa ke IGD Atma Jaya. Sebenernya gue pertama berharap dengan kondisi bokap kayak gitu, bokap cuma kena CVD non hemoragik (stroke penyumbatan), but it was something else. CVD hemoragik (perdarahan otak). It's worse, the outcome of this is much worse. Gue uda tau dari awal it's not gonna end good. 

Luckily, di Atma Jaya (AJ) mungkin karena mereka kenal gue dan bokap juga alumni sana, kita dapet banyak banget bantuan. Kita langsung dapet ICU, bisa langsung CT scan, tanpa harus seribet itu ngurus - ngurus administrasi. Sayangnya, bedah saraf satu - satunya di sana ga bisa lakuin tindakan. Gue ga mau ngomong kalo aja dia bisa, mungkin hasilnya lain karena bokap gue langsung dilakuin tindakan (operasi). Gue juga ga tau jelas alesannya apa, dan gue juga uda ga mau tau sekarang. Banyak gosip beredar dan gue ga mau nyalahin dia juga kenapa ga bisa melakukan tindakan saat itu. Yang pasti karena beliau berhalangan, gue dibantu banget sama tante Meidy, temen bokap, buat kontak sama prof. Eka dan akhirnya bokap dioperasi sama tim prof. Eka malemnya langsung. 

Kita uda ngelakuin segala yang bisa dilakuin dalam jangka waktu yang segitu dan ga ada yang perlu disesalin. Gue juga uda nemenin bokap di ICU sebisa gue, selama ada waktu besuk, gue stay di sana. Ngeliat bokap gue di ICU, itu salah satu yang bikin sedih sih. Bokap gue bener - bener keliatan lemah, tua. The moment gue dan nyokap ngeliat hasil CT scan ulang paska operasi, area infarknya bener - bener luas, it beyond recovery. Teoritis, gue tau harapannya bokap gue bangun itu hampir mendekati nol. But, we prayed, a lot. Bokap gue bertahan dua hari lah di ICU. Kejadian hari minggu, hari senin kita ngeliat ga ada progress, hari selasa kondisi bokap mulai menurun. Bokap uda perlu obat untuk mempertahankan fungsi jantungnya. Hari rabu pagi akhirnya bokap meninggal. 

It was so fast. I almost couldn't believe it. Tapi gue berasa banget bokap masih ada. Berasa banget, waktu pemakaman dan hari - hari awal. Gue emang agak sensitif urusan beginian. Dunno why, tapi gue bisa berasa aja. Gue ga bisa ngeliat bentuknya tapi gue berasa. 

Hari ini uda 7 hari dari pemakaman bokap. Tadi subuh kita doa, bawa makanan sembahyang, bakar duit- duitan yang uda kita bikin kemaren, plus baju sama sendalnya papa. Ya, harapannya biar sampe ke sana apa - apa yang kita bawain buat bokap. I just hope that he's happy now. 

Sebenernya gue sempet bikin post tersendiri tentang cerita singkat kejadian bokap kemaren (lebih lengkap yang disini bahkan). Plus ada quotes pelajaran yang gue ambil dari kejadian ini. Mungkin ini turning point gue. Mungkin ini yang bakal bikin gue dewasa ke depannya. Gue belajar jadi orang yang lebih baik dna positif, kayak bokap gue, dibandingin sama orang yang penuh dengan ego. Banyak temen gue yang perhatian dan ngebantu gue banget selama bokap masih di rumah sakit sampe akhirnya ada acara - acara di rumah duka. Bahkan sampe udah selesai pemakaman, banyak yang masih nanyain kondisi gue, ngajak ngobrol gue supaya gue ga berasa sepi. Dari yang emang biasa ngobrol sampe yang jarang ngobrol pertamanya terus jadi banyak ngobrol. Well, it helps a lot. 
So thank you semuanya.  Gue akan post tulisan gue yang sebelumnya gue post di tumblr juga setelah post ini.

Have a good holiday everyone, hari ini cici sepupu gue ultah, besok cici ipar gue bakal baby shower 7 bulanan cyin, dan besoknya suaminya (koko sepupu gue) bakal ultah juga. So let's pursue life and live to the fullest :) 

No comments:

Post a Comment